Sabrank Suparno *
http://sastra-indonesia.com
Apa keunikan tanah Jombang hingga sedemikian kondang di berbagai daerah sekitar? Kekondangan Jombang baru terungkap ketika orang Jombang dihadapkan atau berada di perantauan. Setiap orang Jombang (pasti) mempunyai pengalaman tersendiri mengenai perlakuan tuan rumah di perantauan. Cak Nasrul Ilahi mengatakan dalam acara Bincang Budaya dengan tema Karakter Masyarakat Jombang pada 26 Desember 2012, di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) B-Mart (depan Undar), bahwa secara umum karakter masyarakat Jombang sama dengan manusia Indonesia lainnya. Tetapi manusia Jombang tetap memiliki sesuatu yang khas dibanding masyarakat luar Jombang.
Membincang keunikan Jombang, tentu tak sekedar bermegalomania semata pada kehebatan leluhur. Apatah arti nenek moyang super hero jika generasi sekarang mbembet [rapuh]. Tentu, hanya melahirkan generasi yang kesehariannya mengelap-elap guci sampai mengkilat. Sedangkan guci tersebut tak dapat mengganjal lapar. Namun tidak salah jika menelisik wawasan mengenai Jombang sebagai voltase energi pemantik untuk menyorong nilai jauh ke depan.
Kata Jombang berarti: tampak elok/cantik [Kamus Indonesia Modern]. Ungkapan ini dahulu digunakan untuk menyebut anak kecil atau perawan jika sudah mandi dan berdandan sore hari. Misal ungkapan,”lho areke wes ketok jombang (anaknya sudah kelihatan cantik). Kata ‘jombang’ juga berarti elok dalam arti ‘sedap dipandang’ secara keseluruhan benda jika memenuhi syarat disebut elok. Antara lain: pemandangan nan jombang , kelakuan yang jombang, dan seterusnya berarti pemandangan nan elok, kelakuan yang elok. Karena rujukan kata Jombang berasal dari bahasa Jawa, maka tidak heran jika ada nama desa yang sama dengan Jombang. Misal di daerah Kediri, di Madura dan kawasan sebelah barat Paiton, Situbondo, dll.
Kaitannya dengan nama kabupaten Jombang, versi yang umum merujuk pada legenda Kebo Kicak Karang Kejambon. Yakni pertarungan dendamkesumbar yang berkesinambungan antara Joko Seger pemuda yang berjuluk Kebo Kicak dari desa Karang Kejambon dengan pemuda Surontanu asal desa Bantengan yang berjuluk Banteng Surontanu. Pertarungan dua pendekar tersebut dipicu perebutan ‘teracak kencono, (tapak kaki kencana). Kebo Kicak pendekar berkarakter Karbau, sedang Banteng Surontanu berkarakter Banteng/Sapi. Cerita ini mirip dengan lakon Wayang Kulit yang mengisahkan pertarungan antara Lembu Sura (Raja Sapi) dengan Mahesa Sura (Raja Kerbau) yang keduanya bersaing mempersunting Dewi Toro, bidadari terjelita di kahyangan.
Tempat-tempat pertarungan, pelarian dan persembunyian antara Kebo Kicak dengan Banteng Surontanu inilah yang melahirkan nama-nama desa di wilayah Jombang. Nama desa yang dilahirkan kedua pendekar tersebut menjadi garis teritorial yang membelah wilayah Jombang menjadi dua bagian, yakni Tenggara dan Barat Laut dengan posisi geografis berawal dari Barat Daya ke Timur Laut dan melintasi kota Jombang sebagai titik tengah.
Di Barat Daya, pertarungan bermula di kali Brantas wilayah Kediri yang kemudian merembet ke arah Timur Laut melewati daerah antara kecamatan Gudo dengan kecamatan Perak. Sebut saja di antaranya serentetan desa Banyuarang, Tebon, Brambang, Cukir, Pagerwojo, Ngaren, Pedes, Temuwulan, Ngrandu, Jombang, Mojongapit, Kepuh Kembeng, Kejambon, Bantengan, Bongkot, Kates, Dero, Randuwatang, Sambigelar, Kandangsapi, Kedungmacan, Kedungbetik, Garu, Podoroto.
Dari garis pangkal pertarungan Kebo Kicak dengan Banteng Surontanu di Mojo Kambang (dekat Bra’an) perbatasan Kediri hingga ujung akhir pertarungan di desa Podoroto[Kawasan Rowo Majenang], posisi Jombang adalah titik tengah. Dalam versi Kebo Kicak tersebut nama Jombang muncul dari pertarungan yang terjadi di lokasi rawa Mojo Kambang. Dalam pertarungan di Mojokambang ini kedua pendekar tenggelam ke rawa. Tak lama kemudian muncul cemlorot sinar dua warna, yakni ijo dan abang. Sejak itulah sekitar tempat ini dinamakan Jombang.
Selain nama-nama desa di Jombang dilahirkan dari Babat Kebo Kicak, ada juga nama tempat yang dilahirkan zaman Babat Para Raja: Kahuripan, Dhoho, Panjalu, Singosari, Majapahit, Demak, Pajajaran Kuno. Namun yang menjadi ciri khas masyarakat Jombang justeru dari Babat Singosari. Hal ini dapat diteliti dari bentuk dialek masyarakat yang berada pada lintasan penyebaran prajurit Singosari saat merambah wilayah Jombang. Lintasan Babat Singosari berposisi berseberangan dengan Babat Kebo Kicak. Yakni masuk ke wilayah Jombang dengan jalur turun dari Kandangan, Wonosalam, Bareng, Ngoro, Mojowarno, Jogoroto, Peterongan, Jombang, Tembelang, Sumberagung hingga ke Plandaan. Dialektika masyarakat Jombang pada jalur Babad Singosari apa yang disebut Ayu Sutarto sebagai Budaya Arek. Yakni memakai kata ‘arek atau rek’untuk menyebut inisial orang.
Sebelah timur garis Babat Singosari dikenal sebagai masyarakat berbahasa kasar {Jawa ngoko] dan jelas menggunakan kata ‘arek’. Sedang masyarakat sebelah barat tak jauh beda dengan orang kulonan (Kediri, Nganjuk, Madiun, Solo dll) yang menggunakan panggilan ‘kang’. Dalam hal ini Ayu Sutarto berpendapat ‘meraba’mengenai Jombang yang hanya melihat dari kacamata kesenian ludruk.
Ada banyak pakar yang tidak benar-benar jombangi, mereka berdiri di luar pagar dan berkomentar dari jauh. Atau juga pakar asli Jombang namun besar dan hidup diperantauan. Pakar yang tidak memasyarakat. Sehingga tidak paham betul bagaimana dialek masyarakat Jombang ketika di sawah, di pasar dan di rumah. Setiap tempat aktivitas ada istilah guyonan yang berbeda-beda. Panggilan ‘Cak’ misalnya, hanya umum dipakai arek kidule kali [kali yang memanjang dari barat ke timur melewati Tembelang, Tanjunggunung, Bongkot, Gebangsari, Menturo, Sebani, Tenggor dst]. Sedang arek lore kali umum menggunakan panggilan ‘Guk’/Gok.
Karakter arek lore kali pun berbeda dengan arek kidule kali. Arek lor kali dikenal sebagai orang yang pateng mergawe (giat bekerja ke sawah). Ini dapat dilihat dari kebanggan orang kidule kali jika mendapat menantu orang lor kali. Entah menantu laki-laki atau perempuan, orang lore kali dikenal akas nyang sawah. Begitu juga dalam hal bertutur, arek lore kali menggunakan intonasi repetitif untuk memperjelas panggilan seseorang, misal: Gok Min Paimin, Cak Jo Paijo. Repetitif dimaksudkan supaya tidak menjawab ulang jika ada pertanyaan: Gok Min yang mana? Dijelaskan sebelumnya Gok Min yang Paimin.
Sebelah timur garis Babat Singosari inilah sesungguhnya apa yang disebut tanah ‘Brang Wetan’(Seberang Timur) pulau Jawa yang dikenal wong etanan [wong wetan berbeda presisi makna dengan wong Jawa Timur yang diawali dari Ngawi, Magetan, Ponorogo, Bojonegoro dan Pacitan]. Karakter Wong Wetan dengan ciri khas sebutan arek hingga ke wilayah Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Malang. Sebutan arek berakhir di masyarakat Tapal Kuda yang didomsili bukan penduduk asli suku Jawa, melainkan perantau suku Madura.
Garis Babat Kebo Kicak dan Babat Singosari dengan titik silang tepat di Jombang Kota inilah menyebabkan Jombang disebut Negeri/Negari Sabrang. Yakni suatu wilayah dengan medium kebudayaan tersendiri dengan posisi sebagai lalu lintas kebudayaan Jawa kulonan [tulen] ke Madura, Oseng dan Bali.
Salah satu ciri penduduk Negeri Sabrang adalah berbahasa kasar, blak-blakan, opo anane, blokosuto, jobo jeruh podoae, menggunakan kata pisuan dancok (kategori pisuan ringan, si mbokne hancok untuk kategori pisuan berat), memakai udeng atau blangkon dengan ujung menyilang di (jithok) kepala bagian belakang [blangkon yang tidak bendol gede seperti Jogja, juga tidak bendol kecil seperti Solo yang keduanya suka berkebudayaan bendol buri], besar tekadnya, tidak peritungan, tuwo lan towo, tidak gumunan, suka humor, gampang menetralisir permasalaan. Ciri lain masyarakat Negari Sabrang adalah melakukan sesuatu berdasarkan keyakinan, bukan berdasarkan kebatinan(cuma dibatin saja), juga bukan sekedar otak, atik, gathuk [Agama Mataraman].
Dalam kajian semantika, baik jombang dalam arti: elok/cantik, maupun jombang dalam arti gabungan dua unsur kalimat: ijo dan abang, keduanya merupakan kata sifat. Dalam kajian lebih mendalam kata sifat menunjukkan kekuatan nilai, yang berbeda kapasitas dengan kekuatan realitas. Sedang substansi nilai keberadaannya lebih berarti dari realitas itu sendiri. Maka, membincang Jombang tidak sekedar dihadapkan pada realitas teks belaka, sebagaimana Board Getz mengitabkan Realisme Magic sebagai kampanye tandingan mistik . Apalagi jika jargon Realisme bendera faktual dikibarkan sebatas proyek institusi tertentu.
Artinya, jika membincang Jombang lebih gamblang sebaiknya yang bukan orang Jombang, atau orang Jombang yang cumbu-cumbu laler silahkan mingkem! Jangan sampai puluhan pakar umek berkerumun memperdebatkan kucing dalam karung. Arek Jombang tidak mengenal udang di balik rempeyek.
*) Sabrank Suparno. Peserta Temu Sastra Jawa Timur 2011. Bergiat di Lincak Sastra Jombang. Tinggal di Dowong, Plosokerep, Sumobito.
Dijumput dari: http://sastra-indonesia.com/2013/02/jombang-negari-sabrang/
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
20 Tahun Kebangkitan Sastra-Teater Lamongan
A Mustofa Bisri
A. Anzieb
A. Aziz Masyhuri
A. Jabbar Hubbi
A. Khoirul Anam
A. Kurnia
A. Syauqi Sumbawi
A. Zakky Zulhazmi
A.C. Andre Tanama
A.H. J Khuzaini
A.H.J Khuzaini
A.S Laksana
A.S. Laksana
Abdul Hadi WM
Abdul Kirno Tanda
Abdurrahman Wahid
Abid Rohmanu
Acep Iwan Saidi
Acrylic on Canvas
Addi Mawahibun Idhom
Ade P. Marboen
Adib Baroya
Adib Muttaqin Asfar
Aditya Ardi N
Adreas Anggit W.
Adu Pesona Sang Wakil Cawapres RI
Afrizal Malna
AG. Alif
Agama
Agama Para Bajingan
Agnes Rita Sulistyawaty
Aguk Irawan M.N.
Agunghima
Agus Aris Munandar
Agus Buchori
Agus Prasmono
Agus Priyatno
Agus R. Subagyo
Agus Setiawan
Agus Sulton
AH J Khuzaini
Ahmad Damanik
Ahmad Farid Yahya
Ahmad Wiyono
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ainul Fitriyah
Ajip Rosidi
Akhmad Marsudin
Akhmad Sahal
Akhmad Sekhu
Akhmad Taufiq
Akmal Nasery Basral
Aksin Wijaya
Al Mahfud
Alex R Nainggolan
Ali Nasir
Ali Soekardi
Alunk Estohank
Amanche Franck Oe Ninu
Aming Aminoedhin
Anakku Inspirasiku
Anang Zakaria
Andhi Setyo Wibowo
AndongBuku #3
Andri Awan
Andry Deblenk
Anindita S. Thayf
Anjrah Lelono Broto
Antologi Puisi Kalijaring
Antologi Sastra Lamongan
Anton Kurnia
Anugerah Ronggowarsito
Anwar Syueb Tandjung
Aprillia Ika
Aprillia Ramadhina
APSAS (Apresiasi Sastra) Indonesia
Arafat Nur
Arie MP Tamba
Arie Yani
Arief Junianto
Arif 'Minke' Setiawan
Arim Kamandaka
Aris Setiawan
Armawati
Arswendo Atmowiloto
Art Sabukjanur
Arti Bumi Intaran
Aryo Wisanggeni G
Asap Studio
Asarpin
Asrizal Nur
Awalludin GD Mualif
Ayu Sulistyowati
Aziz Abdul Gofar
Bale Aksara
Bambang Kempling
Bandung Mawardi
Banyuwangi
Bara Pattyradja
Bayu Agustari Adha
Beni Setia
Benni Indo
Benny Benke
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Berita Duka
Berita Lukisan
Berita Utama
Bernando J. Sujibto
Berthold Damshauser
Bidan Romana Tari
Binhad Nurrohmat
Biografi
Bisnis
Bondowoso
Bre Redana
Brunel University London
Budi P. Hatees
Budi Palopo
Buku Kritik Sastra
Buldanul Khuri
Capres dan Cawapres 2019
Catatan
Cerbung
Cerpen
Chicilia Risca
Coronavirus
Cover Buku
COVID-19
Cucuk Espe
D. Kemalawati
Dadang Ari Murtono
Dadang Sunendar
Damar Juniarto
Damhuri Muhammad
Damiri Mahmud
Dantje S Moeis
Darju Prasetya
Dedi Gunawan Hutajulu
Den Rasyidi
Deni Jazuli
Denny Mizhar
Depan Mts Putra-Putri Simo Sungelebak
Desa Glogok Karanggeneng
Dessy Wahyuni
Dewi Yuliati
Dhanu Priyo Prabowo
Dhoni Zustiyantoro
Dian Sukarno
Dien Makmur
Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan
Diskusi buku
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Djuli Djatiprambudi
Doddy Hidayatullah
Dody Yan Masfa
Donny Syofyan
Dorothea Rosa Herliany
Dr. Hilma Rosyida Ahmad
Drs H Choirul Anam
Dwi Cipta
Dwi Fitria
Dwi Kartika Rahayu
Dwi Pranoto
Dwijo Maksum
Edeng Syamsul Ma’arif
Efendi Ari Wibowo
Eidi Krina Jason Sembiring
Eka Budianta
Eko Hendri Saiful
Eko Israhayu
Emha Ainun Nadjib
Endang Kusumastuti
Eni S
Eppril Wulaningtyas R
Erdogan
Esai
Esha Tegar Putra
Evan Ys
F Rahardi
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Faiz Manshur
Faizal Af
Fajar Setiawan Roekminto
Farah Noersativa
Fathoni
Fedli Azis
Felix K. Nesi
Festival Gugur Gunung
Festival Literasi Nusantara
Festival Sastra Gresik
Fikram Farazdaq
Forum Santri Nasional (FSN)
FPM (Forum Penulis Muda) Ponorogo
Galeri Lukisan Z Musthofa
Galuh Tulus Utama
Gerakan Surah Buku (GSB)
Gerson Poyk
Gesit Ariyanto
Gita Ananda
Goenawan Mohamad
Gola Gong
Golan-Mirah
Grathia Pitaloka
Gufran A. Ibrahim
Gus Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin
Gus Bahaudin
H.B. Jassin
Halim HD
Hamzah Sahal
Handoyo El Jeffry
Happy Susanto
Hardi Hamzah
Haris Firdaus
Haris Saputra
Harun Syafii bin Syam
Hasnan Bachtiar
Hawe Setiawan
Hendra Sugiantoro
Hengky Ola Sura
Heri Kris
Heri Ruslan
Herry Mardianto
Heru Maryono
Hilmi Abedillah
Himpunan Mahasiswa Penulis (STKIP PGRI Ponorogo)
Holy Adib
htanzil
Hudan Nur
Husin
I Nyoman Suaka
IAIN Ponorogo
Ibnu Wahyudi
Idayati
Idi Subandy Ibrahim
Idris Pasaribu
Ignas Kleden
Ilham Yusardi
Imam Nawawi
Imam Nur Suharno
Imam Zanatul Huaeri
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Imron Rosyid
Indigo Art Space
Indra Intisa
Indra Tjahyadi
Indri Widiyanti
Inti Rohmatun Ni'mah
Inung Setyami
Irfan El Mardanuzie
Isbedy Stiawan ZS
Iskandar Noe
Isnatin Ulfah
Isti Rohayanti
Istiqomatul Hayati
Jadid Al Farisy
Jafar M Sidik
Jakob Sumardjo
Janual Aidi
Jawapos
Jejak Laskar Hisbullah Jombang
Jember
Jember Gemar Membaca
JIERO CAFE
Jihan Fauziah
Jo Batara Surya
Jodhi Yudono
Johan Edy Raharjo
John Halmahera
Joko Pinurbo
Joko Widodo
Joni Syahputra
Jual Buku
Jual Buku Paket Hemat
Jurnalisme Sastrawi
K.H. M. Najib Muhammad
K.H. Ma'ruf Amin
K.H. Ma’ruf Amin
Kabar Pelukis
Kalimat Tubuh
Kang Daniel
Kartika Foundation
Karya Lukisan: Z Musthofa
Kasnadi
Kedai Kopi Sastra
Kemah Budaya Panturan (KBP)
KH. M. Najib Muhammad
KH. Marzuki Mustamar
Khadijah
Khaerul Anwar
Khairul Mufid Jr
Khansa Arifah Adila
Khawas Auskarni
Khudori Husnan
Khulda Rahmatia
Ki Ompong Sudarsono
Kim Ngan
Kitab Arbain Nawawi
Kompas TV
Komplek Gor Kamantren Paciran Lamongan
Komunitas Deo Gratias
Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias
Komunitas Perupa Lamongan (KOSPELA)
Komunitas Sablon Ponorogo
Komunitas Teater Sekolah Kabupaten Gresik (KOTA SEGER)
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)
Korban Gempa
Koskow
Kostela
KPRI IKMAL Lamongan
Kritik Sastra
Kue Kacang
Kue Kelapa Pandan
Kue Lebaran Edisi 2013
Kue Nastar Keju
Kue Nastar Keranjang
Kue Pastel
Kue Putri Salju
Kue Semprit
Kurnia Sari Aziza
Kuswaidi Syafi'ie
L Ridwan Muljosudarmo
Lagu
Laksmi Shitaresmi
Lamongan Jawa Timur
Landscape Hutan Bojonegoro
Landscape Rumah Blora
Lathifa Akmaliyah
Legenda
lensasastra.id
Lie Charlie
Linda Christanty
Linus Suryadi AG
Literasi
Lombok Utara
Lucia Idayani
Ludruk Karya Budaya
Lukas Adi Prasetyo
Lukisan Andry Deblenk
Lukisan Karya: Rengga AP
Lukisan Potret K.H. Hasyim Asy'ari
Lukisan Sugeng Ariyadi
Lukman Santoso Az
Lumajang
Lusiana Indriasari
Lutfi Rakhmawati
M Khoirul Anwar KH
M Nafiul Haris
M. Afif Hasbullah
M. Afifuddin
M. Fauzi Sukri
M. Harir Muzakki
M. Harya Ramdhoni Julizarsyah
M. Lutfi
M. Mustafied
M. Riyadhus Solihin
M. Taufan Musonip
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
M’Shoe
Mahamuda
Mahendra
Mahendra Cipta
Mahmud Jauhari Ali
Maimun Zubair
Makalah Tinjauan Ilmiah
Makyun Subuki
Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo
Malkan Junaidi
Maman S. Mahayana
Mardi Luhung
Margita Widiyatmaka
Mario F. Lawi
Martin Aleida
Mashdar Zainal
Mashuri
Masuki M. Astro
Masyhudi
Mathori A Elwa
Matroni El-Moezany
Maulana Syamsuri
Media Ponorogo
Media: Crayon on Paper
Media: Pastel on Paper
Mei Anjar Wintolo
Melukis
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
Memoar Purnama di Kampung Halaman
Menggalang Dana Amal
MG. Sungatno
Mh Zaelani Tammaka
Mien Uno
Miftakhul F.S
Mihar Harahap
Mila Setyani
Misbahus Surur
Mix Media on Canvas
Moch. Faisol
Mochammad A. Tomtom
Moh. Jauhar al-Hakimi
Mohammad Ali Athwa
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Alimudin
Muhammad Antakusuma
Muhammad Itsbatun Najih
Muhammad Marzuki
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Nanda Fauzan
Muhammad Subarkah
Muhammad Wahidul Mashuri
Muhammad Yasir
MUI
Mujtahidin Billah
Mukafi Niam
Mukani
Mukhsin Amar
Mulyadi SA
Mulyosari Banyuurip Ujung Pangkah Gresik Jawa Timur
Musa Ismail
Muslim Abdurrahman
Naskah Teater
Neva Tuhella
Nezar Patria
Nidhom Fauzi
Niduparas Erlang
Ninuk Mardiana Pambudy
Nirwan Ahmad Arsuka
Noor H. Dee
Novel Pekik
Novel-novel bahasa Jawa
Nur Ahmad Salman H
Nur Hidayati
Nur Wachid
Nurdin Kalim
Nurel Javissyarqi
Nurul Anam
Nurul Hadi Koclok
Nurul Komariyah
Nuryana Asmaudi SA
Nyiayu Hesty Susanti
Obrolan
Oil on Canvas
Olimpiade Sastra Indonesia 2013
Oyos Saroso H.N.
Padepokan Lemah Putih Surakarta
Pagelaran Musim Tandur
Paguyuban Seni Teater Ponorogo
Pameran Lukisan MADIUN OBAH
Pameran Seni Lukis
Pameran Seni Rupa
Parimono V / 40 Plandi Jombang
Paring Waluyo Utomo
Pasuruan
PDS H.B. Jassin
Pelukis Dahlan Kong
Pelukis Jumartono
Pelukis Ponorogo Z Musthofa
Pelukis Rengga AP
Pelukis Senior Tarmuzie
Pelukis Unik di Ponorogo
Pemancingan Betri
Pendhapa Art Space
Penerbit SastraSewu
Pengajian
Pengetahuan
Pesantren An Nawawi Tanara (Penata)
Pito Agustin Rudiana
Pondok Pesantren Al-Madienah
Pondok Pesantren Ali Bin Abi Thalib Kota Tidore Kepulauan
Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang
Pramoedya Ananta Toer
Presiden Gus Dur
Probolinggo
Prof Dr Achmad Zahro
Prof Dr Aminuddin Kasdi
Prof Dr Soediro Satoto
Proses Kreatif
Puisi
Puisi Menolak Korupsi
Purnawan Andra
Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin
Pusat Grosir Kaos Polos Ponorogo
Pustaka Bergerak
PUstaka puJAngga
Putri Asyuro' Rizqiyyah
Putu Fajar Arcana
R.Ng. Ronggowarsito
Radhar Panca Dahana
Rahmat Sularso Nh
Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Ramadhan Batubara
Ranang Aji SP
Rasanrasan Boengaketji
Ratna
Ratna Sarumpaet
Raudal Tanjung Banua
Raudlotul Immaroh
Redland Movie
Reiny Dwinanda
Rengga AP
Resensi
Reuni Mts Putra-Putri Simo Sungelebak angkatan 1991-1992
Reyog dalam Lukisan Kaca
Ribut Wijoto
Ridha Arham
Riki Dhamparan Putra
Rinto Andriono
Ris Pasha
Rizka Halida
Robin Al Kautsar
Rodli TL
Romi Zarman
Rosi
Rosidi Tanabata
Rukardi
Rumah Budaya Pantura (RBP)
Rx King Motor
S Prasetyo Utomo
S Yoga
S. Jai
Sabrank Suparno
Sahlan Bahuy
Sajak
Sakinah Annisa Mariz
Samsudin Adlawi
Samsul Bahri
Sandiaga Uno
Sanggar Pasir
Sanggar Shor Zhambou
Santi Maulidah
Sapardi Djoko Damono
Sapto HP
Sartika Dian Nuraini
Sasti Gotama
Sastra dan Kuasa Simbolik
Sastri Bakry
Saut Situmorang
Sejarah
Sekolah Literasi Gratis
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
SelaSastra #24 di Boenga Ketjil Jombang
SelaSastra Boenga Ketjil
SelaSastra Boenga Ketjil #33
Self Portrait
Senarai Pemikiran Sutejo
Seni Ambeng Ponorogo
Seniman Tanah Merah Ponorogo
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Septi Sutrisna
Sergi Sutanto
Setia Budhi
Shinta Maharani
Shiny.ane el’poesya
Sholihul Huda
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sindhunata
Situbondo
Siwi Dwi Saputro
SMP Negeri 1 Madiun
Soediro Satoto
Sofyan RH. Zaid
Soni Farid Maulana
Sonia Fitri
Sony Prasetyotomo
Sosiawan Leak
Spectrum Center Press
Spirit of body 1
Spirit of body 2
Spirit of body 3
Sri Mulyani
Sri Wintala Achmad
Stefanus P. Elu
STKIP PGRI Ponorogo
Suci Ayu Latifah
Sucipto Hadi Purnomo
Sudirman
Sugeng Ariyadi
Suharwedy
Sujarwoko
Sujiwo Tedjo
Sukitman
Sumani
Sunaryono Basuki Ks
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Suryanto Sastroatmodjo
Sutan Takdir Alisjahbana
Sutardi
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Switzy Sabandar
Syaikh Prof. Dr. dr. Yusri Abdul Jabbar al-Hasani Asyadzili
Syaikh Yusri al-Hasani Al Azhari
Tamrin Bey
TanahmeraH ArtSpace
Tangguh Pitoyo
Taufik Ikram Jamil
Taufik Rachman
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teater nDrinDinG
Teaterikal
Teguh Winarsho AS
Telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo 1910
Temu Penyair Timur Jawa
Tengsoe Tjahjono
Tiyasa Jati Pramono
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
Tjut Zakiyah Anshari
To Take Delight
Tosa Poetra
Toto Gutomo
Tri Andhi Suprihartono
Tri Harun Syafii
Triyanto Triwikromo
Tu-ngang Iskandar
Tulus S
UKM Teater Yakuza '54
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Untung Wahyudi
Usman Arrumy
Usman Awang
Ustadz Chris Bangun Samudra
Uwell's King Shop
Uwell's Setiawan
Viddy AD Daery
Virdika Rizky Utama
W.S. Rendra
Wachid Nuraziz Musthafa
Warih Wisatsana
Warung Boengaketjil
Wawan Pinhole
Wawancara
Widhyanto Muttaqien
Widya Oktaviani
Wisnu Hp
Wita Lestari
Wuri Kartiasih
Yeni Pitasari
Yerusalem Ibu Kota Palestina
Yohanes Sehandi
Yona Primadesi
Yosep Arizal L
Yoseph Yoneta Motong Wuwur
YS Rat
Yuditeha
Yuli
Yulia Sapthiani
Yusri Fajar
Yusuf Suharto
Yusuf Wibisono
Yuval Noah Harari
Z. Afif
Z. Mustopa
Zainal Arifin Thoha
Zainuddin Sugendal
Zaki Zubaidi
Zehan Zareez
Zulfian Ebnu Groho
Zulfikar Fu’ad
Zulkarnain Siregar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar