Khudori Husnan *
http://jakartaesque.blogspot.com
Setelah suskes dengan pembacaan puisi oleh 3 Penyair miring: Mohammad
Faizi (Penulis Buku Puisi Permaisuri Malamku asal Sumenep), Malkan
Junaidi (Penulis Buku Puisi Lidah Bulan asal Blitar), Sahlul Fuad
(Penulis Buku Puisi Dusta asal Gresik) pada 22/10/2011 silam Kafe
Sastra Jakarta tadi malam (16 Desember 2011) sukses menggelar hajatan
"Penyair NUhammadiyah Beraksi."
Dua penyair yang tampil membacakan puisi-puisinya ialah Kyai Matdon
dari Bandung dan David Krisna Alka dari Jakarta. Pada malam itu David
Krisna Alka tampil pertama membacakan puisi-puisinya (sayangnya, ia tak
meninggalkan puisi-puisi yang dibacakannya sehingga sulit dideteksi,
melalui Skala Ritchter, seberapa besar daya guncang puisi-puisinya)
disusul kemudian Kyai Matdon.
Selepas pembacaan puisi dilanjutkan dengan tanya jawab antara Binhad
Nurrohmat dengan Matdon dan David, kemudian pemaparan komentar oleh
Khudori Husnan dan Alex Komang diakhiri dengan tanya jawab antara
pengunjung Kafe Sastra Jakarta dengan semua nara sumber. Acara ditutup
oleh penyair Zabidi Zay Lawanglangit dan dipotrat-potret sedemikian rupa
oleh penyair sayang anak Sahlul Fuad.
Topik-topik menarik yang mengemuka dari sesi diskusi di antaranya ialah
(b) beda antara NU dan Muhammadiyah dalam mengapresiasi kesenian
khususnya puisi; (c) peran kata dalam puisi. Sebelum masuk pada uraian
tentang butir-butir tersebut berikut ini (a) impresi yang tertangkap
dari pijar puisi-puisi Kyai Matdon.
Siasat LUBE(A)R
Kyai Matdon adalah jenis penyair Langsung, Umum, Bebas, dan (anti)
Rahasia. Langsung dalam artian dalam laku kepenyairannya ia tak dan tak
mau dituntun oleh aneka kaidah puitik rumit dan serius sebaliknya ia
lebih menekankan pada aspek spontanitas. Spontanitas bukanlah disaat
seorang penyair mengalami pergesekan dengan realitas sosial maka saat
itu pula puisi tercipta tapi sebaliknya spontanitas ala Kyai Matdon
lebih pada keterarahan langsung kata-kata memotret realitas sosial yang
dihadapinya seakurat mungkin tanpa memerhatikan secara serius susunan
larik-larik, rima, dan seterusnya. Proses kreatif seperti ini
mengandaikan adanya kebebasan diri dari seorang penyair dan tentunya
kecepatan.
Umum dan tidak rahasia maksudnya puisi-puisi Kyai Matdon berkehendak
menjadi juru bicara bagi sebagian besar orang yang geram ketika di depan
mata dan kepalanya sendiri praktik-praktik sosial tak berkeadilan
sangat semarak, situasi sosial ditandai oleh anomie, merosotnya
nilai-nilai sosial yang diakui sebagai kebaikan bersama. Puisi-puisi
Matdon bukan puisi sarat teki-teki (meski demikian lewat suatu perangkat
analisa spesifik puisi-puisi Matdon dapat pula dipahami sebagai
kode-kode yang bisa saja menyembunyikan sesuatu) sehingga setiap orang
dapat dengan mudah memahami dan memaknai apa yang dituliskan Matdon.
Dengan style seperti telah disebutkan di atas (langsung, umum, bebas,
dan anti rahasia) Matdon memantapkan posisi kepenyairannya sejajar
dengan penyair-penyair terkemuka yang puisi-puisinya mencerminkan seruan
protes keras dan pembebasan sebagaimana dasarnya sudah disediakan
Rendra //inilah sajaku pamplet masa darurat/apakah artinya kesenian bila
terpisah dari derita lingkungan/apakah artinya berpikir bila terpisah
dari masalah kehidupan// (Puisi Sajak Sebatang Lisong). Kyai Matdon,
bersama-sama dengan Binhad Nurrohmat, adalah benteng terakhir
puisi-puisi, menyitir sebaris puisi Wiji Thukul, yang melawan kebisuan
(Puisi Sajak).
Kekhasan Kyai Matdon, dan ini menjadi kekuatan puisi-puisinya, ialah ia
dengan sadar menyuntikan kejenakaan dalam puisi-puisinya. Tentu pada
beberapa puisi-puisi Thukul dan Rendra unsur kejenakaan juga sempat
mengemuka tapi umumnya diucapkan secara sinikal, banyolan-banyolan
gelap, tapi pada Matdon kejenakaan sebagai sesuatu yang murni bersifat
jenaka. Matdon sedang mengupayakan jenis puisi perlawanan yang
melibatkan kejenakaan; suatu pengungkapan yang mirip dengan yang pernah
disuarakan tokoh-tokoh terkemuka dari tatar Sunda seperti Kang Ibing,
Doel Sumbang, serta Harry Roesli.
Beberapa puisi Matdon yang mencerminkan wawasan-wawasan di muka seperti
apa kabar yanti?
lama tak jumpa
lama sekali aku tidak berkeliaran
di hatimu yang sunyi itu
“ini siapa?, aku yanto bukan yanti”
oh maaf, salah kirim sms.
(Puisi Salah dalam Kepada Penyair Anjing, Ultimus, 2008)
Aku pernah jijik dengan diriku sendiri
Karena membiarkan penguasa dan penjilat
Menghancurkan kota ini
Kini aku tak jijik lagi
Tapi muak
(Puisi Pamflet Muak, Ibid)
berkali-kali kau bunuh diri
jiwamu mati
berkali-kali kau hidup selalu ingin mati;
yang selalu kembali hanya semangat mati
(Puisi Reinkarnasi, Ibid)
Name tuhan lu bacotin di bibir lu
dan lu sembunyi di balik kate ilahiah
biar keliatan seperti agym
ampe muntah lu terkurung perda
lu napsuin gue sih!!
(Puisi Lu Napsuin Gue!! Ibid)
Nuhammadiyah dan puisi
Topik yang sempat mencuat dari diskusi dalam penyelenggaraan pembacaan
puisi kali ini ialah tentang perbedaan antara NU (Nahdlatul Ulama) dan
Muhammadiyah dalam menyikapi kesenian khususnya puisi. Topik ini
mengemuka karena adanya pendapat yang menyebutkan bahwa berbeda dengan
NU yang banyak melahirkan penyair-penyair yang telah mendapatkan tempat
di hati masyarakat, Muhammadiyah relatif tak menelurkan banyak penyair.
Kemungkinan dari adanya persoalan itu (kalo hal ini mau disebut
problema) ialah;
(i) tradisi ziarah kubur yang tumbuh subur dan mendapatkan legitimasi
dari kalangan pemuka NU berkontribusi menjadi pemicu dan pemacu
terpeliharanya daya imajinasi di kalangan nahdliyin. Dalam praktik
ziarah kubur imajinasi dipahami mampu memperantarai ruang antara
seseorang yang masih hidup dengan yang sudah berada di alam baka.
Imajinasi melintasi batas waktu kemarin, hari ini, dan yang akan
datang. Imajinasi termasuk penopang utama kreatifitas;
(ii) terdapat keberanian yang dimiliki nahdliyin untuk menafsirkan
secara bebas, kritis alias tak gentar dicap kafir, dan berkesinambungan
atas risalah-risalah keagamaan; tema yang dapat disebut sebagai tradisi
eksegesis.
Kata, puisi, dan moving-image.
Deklamasi atau praktik pembacaan puisi di hadapan khalayak ramai selalu
berwatak ganda; di stu pihak ia dapat menampilkan sebuah puisi menjadi
sangat sempurna dalam artian apa yang tertulis dan apa yang
dideklamasikan dapat menopang keutuhan sebuah puisi. Pesan yang mau
disampaikan sebaris puisi dapat diutarakan. Tapi di lain pihak
pendeklamasian seringkali juga tak dapat menampung dan menyuarakan
pesan-pesan yang mau disampaikan sebuah puisi. Elemen penting dari
persoalan ini terletak pada peran kata pada puisi.
Kata adalah unsur paling fundamental dalam puisi. Secara formal dapat
disebutkan kemahiran memilah dan memilih kata secara cermat dan akurat
menentukan “perwajahan” sebuah puisi. Rupa puisi, keelokan atau
ketakelokannya sangat bergantung pada kecermatan memilah dan memilih
kata. Kecermatan memutuskan memilih kata tertentu dan tak memilih kata
tertentu lainnya sendiri, sangat bergantung pada seberapa dalam dan
intens seorang penyair bergulat dengan suasana batinnya. Jadi, kata-kata
dalam sebuah puisi merupakan perluasan situasi batin si penyair.
Kecermatan memilih dan memilah kata secara tidak langsung dapat
berdampak pada lahirnya aneka kesan dan pencitraan dari pembaca terhadap
kata-kata yang mengemuka. Aneka kesan dan pencitraan ini pangkal bagi
lahirnya rupa-rupa tafsir dari pembaca terhadap sebuah puisi. Kesan dan
pencitraan juga muncul dalam teater melalui gesture dan blocking
sementara pada film muncul melalui apa yang disebut sebagai
moving-image, citra-citra yang digerakkan sedemikian rupa melalui
perangkat teknis sinematografis sehingga melahirkan rangkaian cerita
dalam film.
*) Khudori Husnan, pembaca, penulis, penerjemah. Alumnus UIN Syarif
Hidayatullah Jakarta dan STF Driyarkara Jakarta. Beberapa tulisan pernah
dimuat di koran Kompas, Pikiran Rakyat, Lampung Post, Jurnal Problem
Filsafat, Jurnal Perburuhan Sedane, dll. Jakartaesque adalah blog yang
memuat dan menayangkan serba-serbi seputar kota yang diamati dari
pencitraannya dalam sejarah pemikiran, kesusasteraan, fotografi, musik,
media sosial, sinematografi, lain sebagainya.Semoga ada manfaat yang
bisa dikutip dari blog ini.e-mail jakartaesque@gmail.com
Dijumput dari: http://jakartaesque.blogspot.com/2011/12/catatan-pembacaan-puisi-dan-diskusi-di.html
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
20 Tahun Kebangkitan Sastra-Teater Lamongan
A Mustofa Bisri
A. Anzieb
A. Aziz Masyhuri
A. Jabbar Hubbi
A. Khoirul Anam
A. Kurnia
A. Syauqi Sumbawi
A. Zakky Zulhazmi
A.C. Andre Tanama
A.H. J Khuzaini
A.H.J Khuzaini
A.S Laksana
A.S. Laksana
Abdul Hadi WM
Abdul Kirno Tanda
Abdurrahman Wahid
Abid Rohmanu
Acep Iwan Saidi
Acrylic on Canvas
Addi Mawahibun Idhom
Ade P. Marboen
Adib Baroya
Adib Muttaqin Asfar
Aditya Ardi N
Adreas Anggit W.
Adu Pesona Sang Wakil Cawapres RI
Afrizal Malna
AG. Alif
Agama
Agama Para Bajingan
Agnes Rita Sulistyawaty
Aguk Irawan M.N.
Agunghima
Agus Aris Munandar
Agus Buchori
Agus Prasmono
Agus Priyatno
Agus R. Subagyo
Agus Setiawan
Agus Sulton
AH J Khuzaini
Ahmad Damanik
Ahmad Farid Yahya
Ahmad Wiyono
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ainul Fitriyah
Ajip Rosidi
Akhmad Marsudin
Akhmad Sahal
Akhmad Sekhu
Akhmad Taufiq
Akmal Nasery Basral
Aksin Wijaya
Al Mahfud
Alex R Nainggolan
Ali Nasir
Ali Soekardi
Alunk Estohank
Amanche Franck Oe Ninu
Aming Aminoedhin
Anakku Inspirasiku
Anang Zakaria
Andhi Setyo Wibowo
AndongBuku #3
Andri Awan
Andry Deblenk
Anindita S. Thayf
Anjrah Lelono Broto
Antologi Puisi Kalijaring
Antologi Sastra Lamongan
Anton Kurnia
Anugerah Ronggowarsito
Anwar Syueb Tandjung
Aprillia Ika
Aprillia Ramadhina
APSAS (Apresiasi Sastra) Indonesia
Arafat Nur
Arie MP Tamba
Arie Yani
Arief Junianto
Arif 'Minke' Setiawan
Arim Kamandaka
Aris Setiawan
Armawati
Arswendo Atmowiloto
Art Sabukjanur
Arti Bumi Intaran
Aryo Wisanggeni G
Asap Studio
Asarpin
Asrizal Nur
Awalludin GD Mualif
Ayu Sulistyowati
Aziz Abdul Gofar
Bale Aksara
Bambang Kempling
Bandung Mawardi
Banyuwangi
Bara Pattyradja
Bayu Agustari Adha
Beni Setia
Benni Indo
Benny Benke
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Berita Duka
Berita Lukisan
Berita Utama
Bernando J. Sujibto
Berthold Damshauser
Bidan Romana Tari
Binhad Nurrohmat
Biografi
Bisnis
Bondowoso
Bre Redana
Brunel University London
Budi P. Hatees
Budi Palopo
Buku Kritik Sastra
Buldanul Khuri
Capres dan Cawapres 2019
Catatan
Cerbung
Cerpen
Chicilia Risca
Coronavirus
Cover Buku
COVID-19
Cucuk Espe
D. Kemalawati
Dadang Ari Murtono
Dadang Sunendar
Damar Juniarto
Damhuri Muhammad
Damiri Mahmud
Dantje S Moeis
Darju Prasetya
Dedi Gunawan Hutajulu
Den Rasyidi
Deni Jazuli
Denny Mizhar
Depan Mts Putra-Putri Simo Sungelebak
Desa Glogok Karanggeneng
Dessy Wahyuni
Dewi Yuliati
Dhanu Priyo Prabowo
Dhoni Zustiyantoro
Dian Sukarno
Dien Makmur
Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan
Diskusi buku
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Djuli Djatiprambudi
Doddy Hidayatullah
Dody Yan Masfa
Donny Syofyan
Dorothea Rosa Herliany
Dr. Hilma Rosyida Ahmad
Drs H Choirul Anam
Dwi Cipta
Dwi Fitria
Dwi Kartika Rahayu
Dwi Pranoto
Dwijo Maksum
Edeng Syamsul Ma’arif
Efendi Ari Wibowo
Eidi Krina Jason Sembiring
Eka Budianta
Eko Hendri Saiful
Eko Israhayu
Emha Ainun Nadjib
Endang Kusumastuti
Eni S
Eppril Wulaningtyas R
Erdogan
Esai
Esha Tegar Putra
Evan Ys
F Rahardi
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Faiz Manshur
Faizal Af
Fajar Setiawan Roekminto
Farah Noersativa
Fathoni
Fedli Azis
Felix K. Nesi
Festival Gugur Gunung
Festival Literasi Nusantara
Festival Sastra Gresik
Fikram Farazdaq
Forum Santri Nasional (FSN)
FPM (Forum Penulis Muda) Ponorogo
Galeri Lukisan Z Musthofa
Galuh Tulus Utama
Gerakan Surah Buku (GSB)
Gerson Poyk
Gesit Ariyanto
Gita Ananda
Goenawan Mohamad
Gola Gong
Golan-Mirah
Grathia Pitaloka
Gufran A. Ibrahim
Gus Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin
Gus Bahaudin
H.B. Jassin
Halim HD
Hamzah Sahal
Handoyo El Jeffry
Happy Susanto
Hardi Hamzah
Haris Firdaus
Haris Saputra
Harun Syafii bin Syam
Hasnan Bachtiar
Hawe Setiawan
Hendra Sugiantoro
Hengky Ola Sura
Heri Kris
Heri Ruslan
Herry Mardianto
Heru Maryono
Hilmi Abedillah
Himpunan Mahasiswa Penulis (STKIP PGRI Ponorogo)
Holy Adib
htanzil
Hudan Nur
Husin
I Nyoman Suaka
IAIN Ponorogo
Ibnu Wahyudi
Idayati
Idi Subandy Ibrahim
Idris Pasaribu
Ignas Kleden
Ilham Yusardi
Imam Nawawi
Imam Nur Suharno
Imam Zanatul Huaeri
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Imron Rosyid
Indigo Art Space
Indra Intisa
Indra Tjahyadi
Indri Widiyanti
Inti Rohmatun Ni'mah
Inung Setyami
Irfan El Mardanuzie
Isbedy Stiawan ZS
Iskandar Noe
Isnatin Ulfah
Isti Rohayanti
Istiqomatul Hayati
Jadid Al Farisy
Jafar M Sidik
Jakob Sumardjo
Janual Aidi
Jawapos
Jejak Laskar Hisbullah Jombang
Jember
Jember Gemar Membaca
JIERO CAFE
Jihan Fauziah
Jo Batara Surya
Jodhi Yudono
Johan Edy Raharjo
John Halmahera
Joko Pinurbo
Joko Widodo
Joni Syahputra
Jual Buku
Jual Buku Paket Hemat
Jurnalisme Sastrawi
K.H. M. Najib Muhammad
K.H. Ma'ruf Amin
K.H. Ma’ruf Amin
Kabar Pelukis
Kalimat Tubuh
Kang Daniel
Kartika Foundation
Karya Lukisan: Z Musthofa
Kasnadi
Kedai Kopi Sastra
Kemah Budaya Panturan (KBP)
KH. M. Najib Muhammad
KH. Marzuki Mustamar
Khadijah
Khaerul Anwar
Khairul Mufid Jr
Khansa Arifah Adila
Khawas Auskarni
Khudori Husnan
Khulda Rahmatia
Ki Ompong Sudarsono
Kim Ngan
Kitab Arbain Nawawi
Kompas TV
Komplek Gor Kamantren Paciran Lamongan
Komunitas Deo Gratias
Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias
Komunitas Perupa Lamongan (KOSPELA)
Komunitas Sablon Ponorogo
Komunitas Teater Sekolah Kabupaten Gresik (KOTA SEGER)
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)
Korban Gempa
Koskow
Kostela
KPRI IKMAL Lamongan
Kritik Sastra
Kue Kacang
Kue Kelapa Pandan
Kue Lebaran Edisi 2013
Kue Nastar Keju
Kue Nastar Keranjang
Kue Pastel
Kue Putri Salju
Kue Semprit
Kurnia Sari Aziza
Kuswaidi Syafi'ie
L Ridwan Muljosudarmo
Lagu
Laksmi Shitaresmi
Lamongan Jawa Timur
Landscape Hutan Bojonegoro
Landscape Rumah Blora
Lathifa Akmaliyah
Legenda
lensasastra.id
Lie Charlie
Linda Christanty
Linus Suryadi AG
Literasi
Lombok Utara
Lucia Idayani
Ludruk Karya Budaya
Lukas Adi Prasetyo
Lukisan Andry Deblenk
Lukisan Karya: Rengga AP
Lukisan Potret K.H. Hasyim Asy'ari
Lukisan Sugeng Ariyadi
Lukman Santoso Az
Lumajang
Lusiana Indriasari
Lutfi Rakhmawati
M Khoirul Anwar KH
M Nafiul Haris
M. Afif Hasbullah
M. Afifuddin
M. Fauzi Sukri
M. Harir Muzakki
M. Harya Ramdhoni Julizarsyah
M. Lutfi
M. Mustafied
M. Riyadhus Solihin
M. Taufan Musonip
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
M’Shoe
Mahamuda
Mahendra
Mahendra Cipta
Mahmud Jauhari Ali
Maimun Zubair
Makalah Tinjauan Ilmiah
Makyun Subuki
Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo
Malkan Junaidi
Maman S. Mahayana
Mardi Luhung
Margita Widiyatmaka
Mario F. Lawi
Martin Aleida
Mashdar Zainal
Mashuri
Masuki M. Astro
Masyhudi
Mathori A Elwa
Matroni El-Moezany
Maulana Syamsuri
Media Ponorogo
Media: Crayon on Paper
Media: Pastel on Paper
Mei Anjar Wintolo
Melukis
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
Memoar Purnama di Kampung Halaman
Menggalang Dana Amal
MG. Sungatno
Mh Zaelani Tammaka
Mien Uno
Miftakhul F.S
Mihar Harahap
Mila Setyani
Misbahus Surur
Mix Media on Canvas
Moch. Faisol
Mochammad A. Tomtom
Moh. Jauhar al-Hakimi
Mohammad Ali Athwa
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Alimudin
Muhammad Antakusuma
Muhammad Itsbatun Najih
Muhammad Marzuki
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Nanda Fauzan
Muhammad Subarkah
Muhammad Wahidul Mashuri
Muhammad Yasir
MUI
Mujtahidin Billah
Mukafi Niam
Mukani
Mukhsin Amar
Mulyadi SA
Mulyosari Banyuurip Ujung Pangkah Gresik Jawa Timur
Musa Ismail
Muslim Abdurrahman
Naskah Teater
Neva Tuhella
Nezar Patria
Nidhom Fauzi
Niduparas Erlang
Ninuk Mardiana Pambudy
Nirwan Ahmad Arsuka
Noor H. Dee
Novel Pekik
Novel-novel bahasa Jawa
Nur Ahmad Salman H
Nur Hidayati
Nur Wachid
Nurdin Kalim
Nurel Javissyarqi
Nurul Anam
Nurul Hadi Koclok
Nurul Komariyah
Nuryana Asmaudi SA
Nyiayu Hesty Susanti
Obrolan
Oil on Canvas
Olimpiade Sastra Indonesia 2013
Oyos Saroso H.N.
Padepokan Lemah Putih Surakarta
Pagelaran Musim Tandur
Paguyuban Seni Teater Ponorogo
Pameran Lukisan MADIUN OBAH
Pameran Seni Lukis
Pameran Seni Rupa
Parimono V / 40 Plandi Jombang
Paring Waluyo Utomo
Pasuruan
PDS H.B. Jassin
Pelukis Dahlan Kong
Pelukis Jumartono
Pelukis Ponorogo Z Musthofa
Pelukis Rengga AP
Pelukis Senior Tarmuzie
Pelukis Unik di Ponorogo
Pemancingan Betri
Pendhapa Art Space
Penerbit SastraSewu
Pengajian
Pengetahuan
Pesantren An Nawawi Tanara (Penata)
Pito Agustin Rudiana
Pondok Pesantren Al-Madienah
Pondok Pesantren Ali Bin Abi Thalib Kota Tidore Kepulauan
Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang
Pramoedya Ananta Toer
Presiden Gus Dur
Probolinggo
Prof Dr Achmad Zahro
Prof Dr Aminuddin Kasdi
Prof Dr Soediro Satoto
Proses Kreatif
Puisi
Puisi Menolak Korupsi
Purnawan Andra
Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin
Pusat Grosir Kaos Polos Ponorogo
Pustaka Bergerak
PUstaka puJAngga
Putri Asyuro' Rizqiyyah
Putu Fajar Arcana
R.Ng. Ronggowarsito
Radhar Panca Dahana
Rahmat Sularso Nh
Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Ramadhan Batubara
Ranang Aji SP
Rasanrasan Boengaketji
Ratna
Ratna Sarumpaet
Raudal Tanjung Banua
Raudlotul Immaroh
Redland Movie
Reiny Dwinanda
Rengga AP
Resensi
Reuni Mts Putra-Putri Simo Sungelebak angkatan 1991-1992
Reyog dalam Lukisan Kaca
Ribut Wijoto
Ridha Arham
Riki Dhamparan Putra
Rinto Andriono
Ris Pasha
Rizka Halida
Robin Al Kautsar
Rodli TL
Romi Zarman
Rosi
Rosidi Tanabata
Rukardi
Rumah Budaya Pantura (RBP)
Rx King Motor
S Prasetyo Utomo
S Yoga
S. Jai
Sabrank Suparno
Sahlan Bahuy
Sajak
Sakinah Annisa Mariz
Samsudin Adlawi
Samsul Bahri
Sandiaga Uno
Sanggar Pasir
Sanggar Shor Zhambou
Santi Maulidah
Sapardi Djoko Damono
Sapto HP
Sartika Dian Nuraini
Sasti Gotama
Sastra dan Kuasa Simbolik
Sastri Bakry
Saut Situmorang
Sejarah
Sekolah Literasi Gratis
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
SelaSastra #24 di Boenga Ketjil Jombang
SelaSastra Boenga Ketjil
SelaSastra Boenga Ketjil #33
Self Portrait
Senarai Pemikiran Sutejo
Seni Ambeng Ponorogo
Seniman Tanah Merah Ponorogo
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Septi Sutrisna
Sergi Sutanto
Setia Budhi
Shinta Maharani
Shiny.ane el’poesya
Sholihul Huda
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sindhunata
Situbondo
Siwi Dwi Saputro
SMP Negeri 1 Madiun
Soediro Satoto
Sofyan RH. Zaid
Soni Farid Maulana
Sonia Fitri
Sony Prasetyotomo
Sosiawan Leak
Spectrum Center Press
Spirit of body 1
Spirit of body 2
Spirit of body 3
Sri Mulyani
Sri Wintala Achmad
Stefanus P. Elu
STKIP PGRI Ponorogo
Suci Ayu Latifah
Sucipto Hadi Purnomo
Sudirman
Sugeng Ariyadi
Suharwedy
Sujarwoko
Sujiwo Tedjo
Sukitman
Sumani
Sunaryono Basuki Ks
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Suryanto Sastroatmodjo
Sutan Takdir Alisjahbana
Sutardi
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Switzy Sabandar
Syaikh Prof. Dr. dr. Yusri Abdul Jabbar al-Hasani Asyadzili
Syaikh Yusri al-Hasani Al Azhari
Tamrin Bey
TanahmeraH ArtSpace
Tangguh Pitoyo
Taufik Ikram Jamil
Taufik Rachman
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teater nDrinDinG
Teaterikal
Teguh Winarsho AS
Telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo 1910
Temu Penyair Timur Jawa
Tengsoe Tjahjono
Tiyasa Jati Pramono
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
Tjut Zakiyah Anshari
To Take Delight
Tosa Poetra
Toto Gutomo
Tri Andhi Suprihartono
Tri Harun Syafii
Triyanto Triwikromo
Tu-ngang Iskandar
Tulus S
UKM Teater Yakuza '54
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Untung Wahyudi
Usman Arrumy
Usman Awang
Ustadz Chris Bangun Samudra
Uwell's King Shop
Uwell's Setiawan
Viddy AD Daery
Virdika Rizky Utama
W.S. Rendra
Wachid Nuraziz Musthafa
Warih Wisatsana
Warung Boengaketjil
Wawan Pinhole
Wawancara
Widhyanto Muttaqien
Widya Oktaviani
Wisnu Hp
Wita Lestari
Wuri Kartiasih
Yeni Pitasari
Yerusalem Ibu Kota Palestina
Yohanes Sehandi
Yona Primadesi
Yosep Arizal L
Yoseph Yoneta Motong Wuwur
YS Rat
Yuditeha
Yuli
Yulia Sapthiani
Yusri Fajar
Yusuf Suharto
Yusuf Wibisono
Yuval Noah Harari
Z. Afif
Z. Mustopa
Zainal Arifin Thoha
Zainuddin Sugendal
Zaki Zubaidi
Zehan Zareez
Zulfian Ebnu Groho
Zulfikar Fu’ad
Zulkarnain Siregar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar