Sabrank Suparno
Radar Jombang-Mojokerto, 18 Mei 2014
Lek nyang nJombang kampunge Sengon
Lemah geneng akeh wedhine
Najan gak sambang kirimo ingon
Lek gak seneng opo mestine
Empat baris parikan di atas adalah puisi Jombangan yang seluruh pelaku
ludruk Jawa Timuran pasti mengenal. Selain menyampaikan kegamblangan isi
tentang aturan rumah tangga, pelantunnyamengenalkan tanah Jombang
disamping menyusun repetitif irama. Saya yakin para pelaku Ludruk tidak
mengenal Octavio Paz yang mengatakan kelelahan ekstase seorang penyair
adalah kerja menentukan isi dan sampiran berdasarkan irama. Namun
pelantun parikan di atas memahami bahwa pengulangan bunyi, terkesan
lebih nyamleng diucapkan dan didengar. Artinya, masih ada yang perlu
dipertahankan dalam menyusun puisi, yakni kebersahajaan, kenyamlengan
ketika menawarkan adol-tinukuantara pelantun dengan pendengar.
Demikianlah puisi Kwatrin RinginContong yang ditulis oleh Binhad
Nurrohmat, penyair asal Jakarta yang kini menetap di Pondok Pesantren
Alhambra Darul Ulum Rejoso Peterongan. Seluruh puisi dalam Antologi
Kwatrin Ringin Contong setiap judulnya hanya berisi empat baris dan
bersajak ABAB, AABB atau AAAA. Buku nyentrik setebal enam puluh halaman
tersebut dicetak oleh Penerbit Miring, Ar Ruzz Media dan
diselesaikan Binhad selama dua tahun ketika pelesiran ke berbagai tempat
di Jombang. Alkhasil, terhitung 1 Mei 2014 buku ini resmi beredar di
seluruh toko buku yang ada di Jombang.
Ada dua kemungkinan yang mempengaruhi Binhad Nurrohmat dalam menawarkan
estetika ketika menggarap puisi Kwatrin Ringin Contong. Pertama,
menyerap keseharian masyarakat Tanjung Pinang yang setiap pembicaraan
mengunakan pantun berbalas atau yang di Jawa Timur dikenal dengan
Parikan Jula Juli Jombang. Pengalaman puisi bersajak tersebut diamati
Binhad ketika menjadi peserta Temu Sastra Indonesia 2010. Kedua, setelah
dua tahun menetap di Jombang, tampaknya Binhad kesemsem budaya
pondok pesantren yang kerap mengaji qasidah kitab kuning. Syair dalam
puisi Kwatrin Ringin Contong tak ubahnya nadhom, Imriti atau Alfiah.
Satu contoh empat baris nadhom Alfiah misalnya: Wayaktadi ridhon bi ghoiri suhti-Faiqotalfiyata Ibnu Mukti-wayaktadi ridhon bi ghoiri suhti-al hayyu qod yughlabu alfamayyiti.
Selain mementingkan irama, nadhom Alfiyah di atas juga menyampaikan
nilai bahwa ketika santri mampu berkarya yang mengalahkan kiainya, lalu
sesumbar, tak ubahnya satu orang yang masih hidup pasti mampu
mengalahkan seribu kiainya yang sudah mati.
Buku puisi Kwatrin Ringin Contong diniatkan khusus mengabadikan tempat
tempat yang ada di wilayah Jombang.Terhitung dari 42 judul puisi di
antaranya: Pelukis Morosunggingan, PasarPeterongan, Malam Jumat di
Rejoso, Rel Terjulur ke Sumobito, Sayyid di Mojoagung, Pertigaan ke
Denanyar, Pasar Burung Tunggorono, Iblis Tak Keluyurandi Diwek, Pelarian
di Watugaluh, Trah Brantas, Dewa di Gudo, Bercumbu di Kudu,Komunis
Curahmalang, Kemah Raja di Tembelang, Kekasih di Kedung Cinet, Es Tehdi
Kebun Raja, Russell Wallace di Ngrimbi, Mojowarno Ahad Pagi, Pelesiran
ke Wonosalam. Inilah keberanian puisi Kwatrin Ringin Contong, puisi yang
disandarkan berdasarkan konsep nama suatu wilayah. Sementara sebagai
pegiat sastra di Jombang saya belum menemukan kumpulan puisi khusus yang
mengangkat perangkat sejarah di Jombang, kecuali esai, cerpen, prosa
bebas, dan naskah derama.
Berangkat dari nama tempat, kemudian pilihan diksi dalam satu kalimat
yang mengangkat nama tokoh dan peristiwa diJombang, sepertinya sang
penyair hendak menyembulkan elevansi tanya. Apa yang tersembunyi dibalik
tema? Misal larik: Setelah bertapa Sungging menggurat raga// Permaisuri
di lukisan tersedu dipeluk raja (hal. 9), Kebo Kicak tak menanamdi rel
kepalanya // Di sekujur gerbong kuburan Surontanu tak ada (hal. 13),
DiKali Tambak Beras mengucur darah pertama // Perih Wiraraja di Trowulan
tahta Wijaya (hal. 31), Kapal Tionghoa di utara // Berlayar dewa ke
Jawa (hal. 27). Dari gelagat pilihan tema tersebut penyair menyadari,
bahwa beberapa tempat di Jombang tidak muncul begitu saja, melainkan ada
sejarah yang melatarbelakangi. Penyair berkeyakianan bahwa wilayah
dengan sejarah silam yang berperadaban tinggi berpotensi melahirkan
karya dahsyat yang bisa digali dari berbagai sisi. Apalagi Jombang
memang berbeda dengan kota sekitar di Jawa yang lahir berdasarkan tata
letak kota hasil desain arsitektur Kolonial bersama Amangkurat. Jombang
sangat perdikan. Mungkin dahulu tempat kecantolnya jubah Mpu Baradah
ketika membelah kerajaan Erlangga menjadi Panjalu dan Jenggala dengan
caramengucurkan kendi dari langit. Artinya suatu tempat yang wingit dan
aura mistisnya mengalahkan kesaktian sang Empu. Maka tanah yang demikian
kemudian terbebas dari pengaruh dua wilayah kerajaan yang terbagi.
Batas wilayah itu juga berkemungkinan menjadi garis pembatas antara
budaya Arek dengan budaya Mataraman. Meskipun dalam sistem tataletak
kota dan pemerintahan akhirnya Jombang harus menyesuaikan dengan desain
kota lain di sekitar.
Ketertarikan Binhad terhadap sejarah Jombang setara kegelisahan pemikir
lain, bahwa penyair itu ibarat penggembala yang selalu kawatir dengan
ribuan ternak miliknya. Apalagi ketika malam menjelang, penggembala
menggiring seluruh ternaknya ke kandang kawatir dicuri,dirampok,
disembelih orang. Sedang sang penggembala sendirian, tak ada yang mau
menolong. Demikianlah kekalutan penyair, takut sejarah dan budaya lokal
miliknya dicuri atau hilang tak jelas jluntrungnya. Siapa yang
hendak mempertahankan? Kwatrin Ringin Contong seolah berteriak, "ke mana
penyairJombang? Apakah kebablasan imajinasi menjadi sastrawan Indonesia
lantas enggan menulis kota kelahirannya?"
Namun, sebagai persembahan catatan tentang sejarah Jombang, Kwatrin
Ringin Contong baru sepersen saja meski puisi berjudul Ringin Contong
sendiri ditulis dalam empat pengamatan, yakni RinginContong Pagi, Ringin
Contong Siang, Sore dan Malam. Harusnya buku KwatrinRingin Contong
setebal Antologi Puisi Festival Bulan Purnama Majapahit Trowulanyang
digarap Dewan Kesenian Kabupaten Mojokerto edisi Oktober 2010 yang
mencapai 829 halaman. Sebab masih banyak fenomena sejarah dan budaya
Jombang yang belum ditangkap imajinasi penulis. Misal: Geger batu ajaib
Ponari yang mematahkan teori bahwa supaya profesional menyembuhkan orang
harus merampungkan fakultas kedokteran. Begitu juga supaya kaya harus
menjadi interpreneur yang handal. Ponari cukup dengan batu temuan mampu
menyembuhkan ribuan pasien dan cukup waktu beberapa bulan saja sudah
menjadi milyuner dan tak perlu menunggu dewasa. Fenomena si Jagal Rian
juga menghentakkan kesadaran, bahwa manusia berparas ganteng belum tentu
berperilaku baik. Artinya jangan menilai orang berdasarkan ketoke, tapi berdasarkan nyotone.
Fenomena Jombang berikutnya adalah penampakan Manggar Emas, yakni bakal
buah kelapa yang mencorong seperti emas disekitaran Mojongapit sebelum
tahun 1965. Ada lagi fenomena Kaca Benggala, yakni gedek rumah milik si
miskin di sekitaran Desa Kandangan Kecamatan Kesamben berfungsi sebagai
cermin. Posisi rumah tetap gedek bambu, cuma siapa yang melintas di
depan rumah tersebut seperti melintas di depan kaca raksasa. Persis
layar lebar pada film. Kejadian unik sekitar tujuh tahun lalu itu hanya
berlangsung satu minggu lalu kembali seperti sediakala. Bahkan,
membincang perihal Ringin Contong, menurut cerita tetangga saya, Pak
Senipan (alm) bahwa"besok lek ono rejane zaman, Ringin Contong bakale nguwoh brondong
(besok jika ada keramaian sejarah, Ringin Contong akan berbuah
berondong: snackdari jagung popcorn)." Dongeng dari sesepuh Pak Senipan
terbukti bahwa ketika rezim Soeharto berkuasa, orang yang berani
menganggu partai berlambang pohon beringin pasti diberondong peluru
tembak.
Untuk menulis tentang sejarah tentang Jombang, Binhad masih terlalu
sepintas. Perlu lebih banyak minum sumber air dan merasakan bercak
lumpur sawah di Jombang, apalagi memasuki pedesaan yang terpencil
sekalipun yang diperkirakan tidak ada hal yang menarik. Siapa sangka
misal di tanah Lincak Sastra Dowong ternyata ada selonjor patok batu
peninggalan Majapahit. Atau dipekuburan Desa Tengaran Peterongan
ternyata ada prasasti tergolong tua sebagai data peninggalan manusia
purba Jombang. Masih banyak sejarah budaya Jombang yang berpotensi
sebagai bahan untuk menebalkan mini epik puisi puisi Binhad selanjutnya.
*)
Tulisan ini sebagai makalah bedah buku Kwatrin Ringin Contong karya
Binhad Nurrohmat pada Jumat, 16 Mei 2014 di Elek Comik Center, JL.
Adityawarman 3 Jombang.
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
20 Tahun Kebangkitan Sastra-Teater Lamongan
A Mustofa Bisri
A. Anzieb
A. Aziz Masyhuri
A. Jabbar Hubbi
A. Khoirul Anam
A. Kurnia
A. Syauqi Sumbawi
A. Zakky Zulhazmi
A.C. Andre Tanama
A.H. J Khuzaini
A.H.J Khuzaini
A.S Laksana
A.S. Laksana
Abdul Hadi WM
Abdul Kirno Tanda
Abdurrahman Wahid
Abid Rohmanu
Acep Iwan Saidi
Acrylic on Canvas
Addi Mawahibun Idhom
Ade P. Marboen
Adib Baroya
Adib Muttaqin Asfar
Aditya Ardi N
Adreas Anggit W.
Adu Pesona Sang Wakil Cawapres RI
Afrizal Malna
AG. Alif
Agama
Agama Para Bajingan
Agnes Rita Sulistyawaty
Aguk Irawan M.N.
Agunghima
Agus Aris Munandar
Agus Buchori
Agus Prasmono
Agus Priyatno
Agus R. Subagyo
Agus Setiawan
Agus Sulton
AH J Khuzaini
Ahmad Damanik
Ahmad Farid Yahya
Ahmad Wiyono
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ainul Fitriyah
Ajip Rosidi
Akhmad Marsudin
Akhmad Sahal
Akhmad Sekhu
Akhmad Taufiq
Akmal Nasery Basral
Aksin Wijaya
Al Mahfud
Alex R Nainggolan
Ali Nasir
Ali Soekardi
Alunk Estohank
Amanche Franck Oe Ninu
Aming Aminoedhin
Anakku Inspirasiku
Anang Zakaria
Andhi Setyo Wibowo
AndongBuku #3
Andri Awan
Andry Deblenk
Anindita S. Thayf
Anjrah Lelono Broto
Antologi Puisi Kalijaring
Antologi Sastra Lamongan
Anton Kurnia
Anugerah Ronggowarsito
Anwar Syueb Tandjung
Aprillia Ika
Aprillia Ramadhina
APSAS (Apresiasi Sastra) Indonesia
Arafat Nur
Arie MP Tamba
Arie Yani
Arief Junianto
Arif 'Minke' Setiawan
Arim Kamandaka
Aris Setiawan
Armawati
Arswendo Atmowiloto
Art Sabukjanur
Arti Bumi Intaran
Aryo Wisanggeni G
Asap Studio
Asarpin
Asrizal Nur
Awalludin GD Mualif
Ayu Sulistyowati
Aziz Abdul Gofar
Bale Aksara
Bambang Kempling
Bandung Mawardi
Banyuwangi
Bara Pattyradja
Bayu Agustari Adha
Beni Setia
Benni Indo
Benny Benke
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Berita Duka
Berita Lukisan
Berita Utama
Bernando J. Sujibto
Berthold Damshauser
Bidan Romana Tari
Binhad Nurrohmat
Biografi
Bisnis
Bondowoso
Bre Redana
Brunel University London
Budi P. Hatees
Budi Palopo
Buku Kritik Sastra
Buldanul Khuri
Capres dan Cawapres 2019
Catatan
Cerbung
Cerpen
Chicilia Risca
Coronavirus
Cover Buku
COVID-19
Cucuk Espe
D. Kemalawati
Dadang Ari Murtono
Dadang Sunendar
Damar Juniarto
Damhuri Muhammad
Damiri Mahmud
Dantje S Moeis
Darju Prasetya
Dedi Gunawan Hutajulu
Den Rasyidi
Deni Jazuli
Denny Mizhar
Depan Mts Putra-Putri Simo Sungelebak
Desa Glogok Karanggeneng
Dessy Wahyuni
Dewi Yuliati
Dhanu Priyo Prabowo
Dhoni Zustiyantoro
Dian Sukarno
Dien Makmur
Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan
Diskusi buku
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Djuli Djatiprambudi
Doddy Hidayatullah
Dody Yan Masfa
Donny Syofyan
Dorothea Rosa Herliany
Dr. Hilma Rosyida Ahmad
Drs H Choirul Anam
Dwi Cipta
Dwi Fitria
Dwi Kartika Rahayu
Dwi Pranoto
Dwijo Maksum
Edeng Syamsul Ma’arif
Efendi Ari Wibowo
Eidi Krina Jason Sembiring
Eka Budianta
Eko Hendri Saiful
Eko Israhayu
Emha Ainun Nadjib
Endang Kusumastuti
Eni S
Eppril Wulaningtyas R
Erdogan
Esai
Esha Tegar Putra
Evan Ys
F Rahardi
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Faiz Manshur
Faizal Af
Fajar Setiawan Roekminto
Farah Noersativa
Fathoni
Fedli Azis
Felix K. Nesi
Festival Gugur Gunung
Festival Literasi Nusantara
Festival Sastra Gresik
Fikram Farazdaq
Forum Santri Nasional (FSN)
FPM (Forum Penulis Muda) Ponorogo
Galeri Lukisan Z Musthofa
Galuh Tulus Utama
Gerakan Surah Buku (GSB)
Gerson Poyk
Gesit Ariyanto
Gita Ananda
Goenawan Mohamad
Gola Gong
Golan-Mirah
Grathia Pitaloka
Gufran A. Ibrahim
Gus Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin
Gus Bahaudin
H.B. Jassin
Halim HD
Hamzah Sahal
Handoyo El Jeffry
Happy Susanto
Hardi Hamzah
Haris Firdaus
Haris Saputra
Harun Syafii bin Syam
Hasnan Bachtiar
Hawe Setiawan
Hendra Sugiantoro
Hengky Ola Sura
Heri Kris
Heri Ruslan
Herry Mardianto
Heru Maryono
Hilmi Abedillah
Himpunan Mahasiswa Penulis (STKIP PGRI Ponorogo)
Holy Adib
htanzil
Hudan Nur
Husin
I Nyoman Suaka
IAIN Ponorogo
Ibnu Wahyudi
Idayati
Idi Subandy Ibrahim
Idris Pasaribu
Ignas Kleden
Ilham Yusardi
Imam Nawawi
Imam Nur Suharno
Imam Zanatul Huaeri
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Imron Rosyid
Indigo Art Space
Indra Intisa
Indra Tjahyadi
Indri Widiyanti
Inti Rohmatun Ni'mah
Inung Setyami
Irfan El Mardanuzie
Isbedy Stiawan ZS
Iskandar Noe
Isnatin Ulfah
Isti Rohayanti
Istiqomatul Hayati
Jadid Al Farisy
Jafar M Sidik
Jakob Sumardjo
Janual Aidi
Jawapos
Jejak Laskar Hisbullah Jombang
Jember
Jember Gemar Membaca
JIERO CAFE
Jihan Fauziah
Jo Batara Surya
Jodhi Yudono
Johan Edy Raharjo
John Halmahera
Joko Pinurbo
Joko Widodo
Joni Syahputra
Jual Buku
Jual Buku Paket Hemat
Jurnalisme Sastrawi
K.H. M. Najib Muhammad
K.H. Ma'ruf Amin
K.H. Ma’ruf Amin
Kabar Pelukis
Kalimat Tubuh
Kang Daniel
Kartika Foundation
Karya Lukisan: Z Musthofa
Kasnadi
Kedai Kopi Sastra
Kemah Budaya Panturan (KBP)
KH. M. Najib Muhammad
KH. Marzuki Mustamar
Khadijah
Khaerul Anwar
Khairul Mufid Jr
Khansa Arifah Adila
Khawas Auskarni
Khudori Husnan
Khulda Rahmatia
Ki Ompong Sudarsono
Kim Ngan
Kitab Arbain Nawawi
Kompas TV
Komplek Gor Kamantren Paciran Lamongan
Komunitas Deo Gratias
Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias
Komunitas Perupa Lamongan (KOSPELA)
Komunitas Sablon Ponorogo
Komunitas Teater Sekolah Kabupaten Gresik (KOTA SEGER)
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)
Korban Gempa
Koskow
Kostela
KPRI IKMAL Lamongan
Kritik Sastra
Kue Kacang
Kue Kelapa Pandan
Kue Lebaran Edisi 2013
Kue Nastar Keju
Kue Nastar Keranjang
Kue Pastel
Kue Putri Salju
Kue Semprit
Kurnia Sari Aziza
Kuswaidi Syafi'ie
L Ridwan Muljosudarmo
Lagu
Laksmi Shitaresmi
Lamongan Jawa Timur
Landscape Hutan Bojonegoro
Landscape Rumah Blora
Lathifa Akmaliyah
Legenda
lensasastra.id
Lie Charlie
Linda Christanty
Linus Suryadi AG
Literasi
Lombok Utara
Lucia Idayani
Ludruk Karya Budaya
Lukas Adi Prasetyo
Lukisan Andry Deblenk
Lukisan Karya: Rengga AP
Lukisan Potret K.H. Hasyim Asy'ari
Lukisan Sugeng Ariyadi
Lukman Santoso Az
Lumajang
Lusiana Indriasari
Lutfi Rakhmawati
M Khoirul Anwar KH
M Nafiul Haris
M. Afif Hasbullah
M. Afifuddin
M. Fauzi Sukri
M. Harir Muzakki
M. Harya Ramdhoni Julizarsyah
M. Lutfi
M. Mustafied
M. Riyadhus Solihin
M. Taufan Musonip
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
M’Shoe
Mahamuda
Mahendra
Mahendra Cipta
Mahmud Jauhari Ali
Maimun Zubair
Makalah Tinjauan Ilmiah
Makyun Subuki
Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo
Malkan Junaidi
Maman S. Mahayana
Mardi Luhung
Margita Widiyatmaka
Mario F. Lawi
Martin Aleida
Mashdar Zainal
Mashuri
Masuki M. Astro
Masyhudi
Mathori A Elwa
Matroni El-Moezany
Maulana Syamsuri
Media Ponorogo
Media: Crayon on Paper
Media: Pastel on Paper
Mei Anjar Wintolo
Melukis
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
Memoar Purnama di Kampung Halaman
Menggalang Dana Amal
MG. Sungatno
Mh Zaelani Tammaka
Mien Uno
Miftakhul F.S
Mihar Harahap
Mila Setyani
Misbahus Surur
Mix Media on Canvas
Moch. Faisol
Mochammad A. Tomtom
Moh. Jauhar al-Hakimi
Mohammad Ali Athwa
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Alimudin
Muhammad Antakusuma
Muhammad Itsbatun Najih
Muhammad Marzuki
Muhammad Muhibbuddin
Muhammad Nanda Fauzan
Muhammad Subarkah
Muhammad Wahidul Mashuri
Muhammad Yasir
MUI
Mujtahidin Billah
Mukafi Niam
Mukani
Mukhsin Amar
Mulyadi SA
Mulyosari Banyuurip Ujung Pangkah Gresik Jawa Timur
Musa Ismail
Muslim Abdurrahman
Naskah Teater
Neva Tuhella
Nezar Patria
Nidhom Fauzi
Niduparas Erlang
Ninuk Mardiana Pambudy
Nirwan Ahmad Arsuka
Noor H. Dee
Novel Pekik
Novel-novel bahasa Jawa
Nur Ahmad Salman H
Nur Hidayati
Nur Wachid
Nurdin Kalim
Nurel Javissyarqi
Nurul Anam
Nurul Hadi Koclok
Nurul Komariyah
Nuryana Asmaudi SA
Nyiayu Hesty Susanti
Obrolan
Oil on Canvas
Olimpiade Sastra Indonesia 2013
Oyos Saroso H.N.
Padepokan Lemah Putih Surakarta
Pagelaran Musim Tandur
Paguyuban Seni Teater Ponorogo
Pameran Lukisan MADIUN OBAH
Pameran Seni Lukis
Pameran Seni Rupa
Parimono V / 40 Plandi Jombang
Paring Waluyo Utomo
Pasuruan
PDS H.B. Jassin
Pelukis Dahlan Kong
Pelukis Jumartono
Pelukis Ponorogo Z Musthofa
Pelukis Rengga AP
Pelukis Senior Tarmuzie
Pelukis Unik di Ponorogo
Pemancingan Betri
Pendhapa Art Space
Penerbit SastraSewu
Pengajian
Pengetahuan
Pesantren An Nawawi Tanara (Penata)
Pito Agustin Rudiana
Pondok Pesantren Al-Madienah
Pondok Pesantren Ali Bin Abi Thalib Kota Tidore Kepulauan
Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang
Pramoedya Ananta Toer
Presiden Gus Dur
Probolinggo
Prof Dr Achmad Zahro
Prof Dr Aminuddin Kasdi
Prof Dr Soediro Satoto
Proses Kreatif
Puisi
Puisi Menolak Korupsi
Purnawan Andra
Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin
Pusat Grosir Kaos Polos Ponorogo
Pustaka Bergerak
PUstaka puJAngga
Putri Asyuro' Rizqiyyah
Putu Fajar Arcana
R.Ng. Ronggowarsito
Radhar Panca Dahana
Rahmat Sularso Nh
Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Ramadhan Batubara
Ranang Aji SP
Rasanrasan Boengaketji
Ratna
Ratna Sarumpaet
Raudal Tanjung Banua
Raudlotul Immaroh
Redland Movie
Reiny Dwinanda
Rengga AP
Resensi
Reuni Mts Putra-Putri Simo Sungelebak angkatan 1991-1992
Reyog dalam Lukisan Kaca
Ribut Wijoto
Ridha Arham
Riki Dhamparan Putra
Rinto Andriono
Ris Pasha
Rizka Halida
Robin Al Kautsar
Rodli TL
Romi Zarman
Rosi
Rosidi Tanabata
Rukardi
Rumah Budaya Pantura (RBP)
Rx King Motor
S Prasetyo Utomo
S Yoga
S. Jai
Sabrank Suparno
Sahlan Bahuy
Sajak
Sakinah Annisa Mariz
Samsudin Adlawi
Samsul Bahri
Sandiaga Uno
Sanggar Pasir
Sanggar Shor Zhambou
Santi Maulidah
Sapardi Djoko Damono
Sapto HP
Sartika Dian Nuraini
Sasti Gotama
Sastra dan Kuasa Simbolik
Sastri Bakry
Saut Situmorang
Sejarah
Sekolah Literasi Gratis
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
SelaSastra #24 di Boenga Ketjil Jombang
SelaSastra Boenga Ketjil
SelaSastra Boenga Ketjil #33
Self Portrait
Senarai Pemikiran Sutejo
Seni Ambeng Ponorogo
Seniman Tanah Merah Ponorogo
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Septi Sutrisna
Sergi Sutanto
Setia Budhi
Shinta Maharani
Shiny.ane el’poesya
Sholihul Huda
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sindhunata
Situbondo
Siwi Dwi Saputro
SMP Negeri 1 Madiun
Soediro Satoto
Sofyan RH. Zaid
Soni Farid Maulana
Sonia Fitri
Sony Prasetyotomo
Sosiawan Leak
Spectrum Center Press
Spirit of body 1
Spirit of body 2
Spirit of body 3
Sri Mulyani
Sri Wintala Achmad
Stefanus P. Elu
STKIP PGRI Ponorogo
Suci Ayu Latifah
Sucipto Hadi Purnomo
Sudirman
Sugeng Ariyadi
Suharwedy
Sujarwoko
Sujiwo Tedjo
Sukitman
Sumani
Sunaryono Basuki Ks
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Suryanto Sastroatmodjo
Sutan Takdir Alisjahbana
Sutardi
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Switzy Sabandar
Syaikh Prof. Dr. dr. Yusri Abdul Jabbar al-Hasani Asyadzili
Syaikh Yusri al-Hasani Al Azhari
Tamrin Bey
TanahmeraH ArtSpace
Tangguh Pitoyo
Taufik Ikram Jamil
Taufik Rachman
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teater nDrinDinG
Teaterikal
Teguh Winarsho AS
Telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo 1910
Temu Penyair Timur Jawa
Tengsoe Tjahjono
Tiyasa Jati Pramono
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
Tjut Zakiyah Anshari
To Take Delight
Tosa Poetra
Toto Gutomo
Tri Andhi Suprihartono
Tri Harun Syafii
Triyanto Triwikromo
Tu-ngang Iskandar
Tulus S
UKM Teater Yakuza '54
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Untung Wahyudi
Usman Arrumy
Usman Awang
Ustadz Chris Bangun Samudra
Uwell's King Shop
Uwell's Setiawan
Viddy AD Daery
Virdika Rizky Utama
W.S. Rendra
Wachid Nuraziz Musthafa
Warih Wisatsana
Warung Boengaketjil
Wawan Pinhole
Wawancara
Widhyanto Muttaqien
Widya Oktaviani
Wisnu Hp
Wita Lestari
Wuri Kartiasih
Yeni Pitasari
Yerusalem Ibu Kota Palestina
Yohanes Sehandi
Yona Primadesi
Yosep Arizal L
Yoseph Yoneta Motong Wuwur
YS Rat
Yuditeha
Yuli
Yulia Sapthiani
Yusri Fajar
Yusuf Suharto
Yusuf Wibisono
Yuval Noah Harari
Z. Afif
Z. Mustopa
Zainal Arifin Thoha
Zainuddin Sugendal
Zaki Zubaidi
Zehan Zareez
Zulfian Ebnu Groho
Zulfikar Fu’ad
Zulkarnain Siregar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar